Thursday, August 27, 2015

Tips Aman Update Android Milikmu

OLTEKNO - Banyak pemilik smartphone Android yang mencoba meng-update perangkatnya sendiri. Meski kelihatannya mudah, tentunya akan sangat riskan jika kamu tidak memperhatikan 4 hal berikut ini. Yups kali ini saya bakal sharing tips aman update Android milik kamu, supaya aman bro-sis...

Tips Aman Update Android Milikmu
spyera.com

Saya tidak bisa menjamin jika Android sendiri akan bebas dari bug, tapi disini saya coba membantu kamu buat meminimalkan kemungkinan terburuk seperti kehilangan data dan masalah lainnya.

1. Back up Data Android

Yang ini penting buat diingat dan diterapkan. Semakin banyak atau sering kamu melakukan back up data, maka akan semakin baik. Begitu juga dengan tempat back up yang makin beragam, juga akan lebih aman jika nantinya kamu melakukan proses update Android kamu.

Caranya sih cukup familiar, yaitu dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Helium atau salin data dari perangkat Android kamu ke komputer menggunakan kabel data/USB. Helium sendiri adalah sarana yang mumpuni untuk membuat cadangan Android, bahkan tanpa akses root.

2. Mengisi Baterai

Sangat penting jika Android kamu tidak kehabisan daya selama proses update. Jadi pastikan perangkat Androidmu memiliki daya yang cukup sebelum proses update dimulai. Ya paling tidak baterai kamu minimal ada pada level sekitar 70 sampai 80 persen, sebelum kamu mulai menginstal pembaruan apapun.

3. Ambil Beberapa Screenshot Terakhir

Ini juga merupakan ide yang bagus, yaitu dengan mengambil beberapa screenshot dari layar smartphone kamu. Untuk cara mengambil screenshots berbeda-beda untuk tiap level sistem operasinya atau perangkat smartphone itu sendiri. Kamu bisa searching cara ambil screenshots sesuai dengan nama smartphone kamu di Google.

Sebenarnya upaya ini akan berfungsi sebagai pengingat yang bisa membantumu untuk mengatur tampilan menu atau fitur ponsel kembali seperti sebelum update atau sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan pembaruan itu sendiri tidak akan mengatur ulang gaya smartphone kamu.

4. Hapus Cache dan Lakukan Factory Reset

Mungkin kamu berpikir tidak perlu untuk melakukan reset smartphone ke setelan pabrik setelah update Android. Hal ini sah-sah saja, asalkan kamu harus menghapus cache sistem untuk Androidmu setelah menginstal firmware.

Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk membersihkan baterai, menghindari bug, dan masalah kinerja smartphone nantinya. Langkah setting smartphone ke setelan pabrik atau 'mulai dari awal' adalah langkah terbaik dalam penyasuaian firmware baru, dan untuk menghindari masalah yang biasanya sering terjadi setelah proses update.

FYI : Setidaknya menghapus partisi cache itu sudah bagus, tetapi akan lebih baik lagi jika kamu melakukan reset pabrik setelah update.

Seperti yang saya katakan di atas, sebenarnya saya tidak bisa menjamin bahwa versi Android baru dari hasil update tadi tidak akan memiliki bug, tapi paling tidak masalah kinerja baterai, reboot acak dan adanya aplikasi error dapat dihindari dengan tips aman update Android diatas.